Rabu, 11 Januari 2012

Tips Merawat Kulit Wajah

Beberapa bulan belakangan ini lagi booming perawatan wajah di rumah ini; dari kulit muka yang kusam, jerawat, komedo, sampai kulit muka yang bersisik. Nah, lho?! Hal ini bermula dari keluhan Umi yang itu-itu lagi dan sudah bosan bolak-balik ke dokter kulit hanya sekadar meminta perpanjangan resep berupa sunblock untuk kulit muka dan lotion untuk kulit badan yang terus-terusan terbakar matahari. Tahu sendirilah kalau kulit Umi, tuh, sensitif terhadap cuaca dan sinar matahari.

Beruntung sekali Umi mempunyai teman seorang farmasis yang memperdalam pengobatan kulit dengan menggunakan bahan-bahan alami atau bahasa kerennya herbalis. Lalu kami berbicara banyak dari A sampai Z tentang keluhan Umi itu. Dini, nama teman Umi itu, lalu memberikan krim buatannya ke Umi. Alhamdulillah cocok dan baik sekali untuk kulit Umi. Sampai kakak dan adik Umi melihat perkembangan yang pesat dari perbaikan kulit muka Umi sehingga mereka pun tertarik untuk mencoba. Mereka lalu menjadi pasien tetap Dini hingga kini dan menyebar hingga ke beberapa handai taulan yang mengetahuinya.

Nah, ada tips dan trik untuk perawatan wajah alami yang kebetulan Umi baca di koran wanita beberapa waktu yang lalu untuk di-sharing di sini. Apalagi bahan-bahannya mudah didapatkan, murah meriah, dan aman untuk digunakan. Bahan-bahan itu adalah gandum, teh hijau, yogurt, madu, dan telur.

Gandum yang dipakai harus sudah diratakan menjadi bubuk dan diberi air aromatik. Gandum berperan dalam pengangkatan dan peregangan kulit mati dan mampu membunuh kuman. Sedangkan teh hijau yang penggunaannya disemprotkan ke wajah, mengandung zat antioksidan sehingga mampu mengangkat sel kulit mati, memberi nutrisi pada kulit, memperbaiki sirkulasi oksigen, dan menghilangkan bekas jerawat maupun flek hitam.

Yogurt, madu, dan telur dapat digunakan sebagai masker. Yogurt mengandung asam laktat yang berfungsi sama seperti peeling kimia, yaitu mengelupas lapisan atas epidermis secara lembut sehingga kulit akan lebih cerah dan terhindar dari jerawat maupun flek hitam. Dini juga mengatakan bahwa kulit Kakak Bibin yang kusam dapat diolesi dengan yogurt plain agar dapat kembali cerah. Artinya yogurt juga aman digunakan untuk anak-anak.

Madu, seperti yang kita ketahui, banyak sekali khasiatnya. Untuk kulit, madu mampu mengencangkan, melembutkan, dan melembabkan kulit. Hal ini tentu cocok sekali untuk yang memiliki kulit kering. Sedangkan telur mempunyai khasiat dalam mengencangkan kulit dengan cara mengecilkan pori-pori dan cocok untuk kulit yang berminyak karena telur dapat membuat pengeluaran minyak di wajah menjadi berkurang.[]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar